Kamis, 10 November 2016

RESUME PENGEMBANGAN KOLEKSI PUST 2230 MODUL 3 KB. 1



Kajian Pengguna dan Evaluasi Koleksi


•Pengetahuan akan komunitas yang dilayani adalah kunci untuk pengembangan koleksi yg efektif, yg  akibatnya pelayanan yg efektif
•Bagian-bagian dalam pengembangan koleksi yang dipengaruhi oleh data tentang pelanggan adalah formulasi kebijakan, seleksi, dan evaluasi
Kajian Pengguna

A.Mengenal masy yg dilayani

istilah yg dikenal utk penelitian masy :

- analisis komunitas (community analysis)

- analisis kebutuhan (needs analysis)

- analisis kebutuhan informasi

- penilaian kebutuhan

- analisis peran

- kajian pengguna (users studies)

- analisis pasar B. Diperlukan Kajian Pengguna

•Dpt memberikan informasi yg dibutuhkan utk perencanaan yg efektif
•Ditunjukkan oleh TD. Wilson (dalam Evans, 2000),pengkajian perilaku informasi adalah penting krn :
1.Perhatian utama adl penemuan fakta2 kehidupan sehari2 dr populasi yg dilayani
2.Dengan penemuan fakta2 bisa dimengerti kbutuhan2 yg mendorong individu2 ke dlm perilaku pencarian informasi
3.Dengan pengertian yg lbh baik thd kbutuhan2 itu, pihak perpustakaan dpt mengerti dg lbh baik apa arti informasi bagi orang2 dlm kehidupan sehari2
4.Dengan semua itu, perpustakaan seharusnya memperoleh pengertian yg lebih baik thd pelanggan n dpt merancang sistem informasi yg lbh efektif dr segi biaya C. Unsur-unsur Kajian

•Dlm rangka melakukan kajian kbutuhan informasi pengguna perpustkn, hrs ditentukan bbrp hal :
1.Siapa yg akan melakukan pengumpulan data?
2.Informasi apakah yg diinginkan oleh perpustakaan?
3.Bgm metodenya utk menghasilkan informasi yg diinginkan?
4.Bgm memanfaatkan data itu?



Kelemahan melakukan kajian (staf perpust)
1)Blm memiliki pengalaman n keahlian yg diperlukan
2)Mengurangi wktu utk pekerjaan rutin di perpustakaan
3)Dpt menimbulkan bias (pengaruh perasaan subjektif)

Keuntungan
1)Paling memahami data mana yg bermanfaat
2)Keterlibatan langsung meningkatkan komitmen pd masyarakat yg harus dilayani
3)Ketersediaan utk menerima n mengimplementasikan hasil survey yg lbh besar
4)Mrpakn proses belajar yg membekali staf dg pengalaman n keterampilan tambahan

D. Hal-hal yg akan dikaji

•Jenis data yg diperlukan adalah data mengenai aspek:
1.Historis
2.Geografis
3.Transportasi
4.Administratif
5.Politik
6.Kependudukan
7.Ekonomi
8.Sistem komunikasi
9.Organisasi sosial n kependidikan
10.Perpustakaan n unit informasi lain dlm komunitas yg sama E. Cara dan dimana data dikumpulkan

Langkah2 yg perlu dilakukan dlm melaksanakan kajian :
1.Mengetahui apa yg dibutuhkan oleh perpustakaan
2.Mengetahui bgm data itu diperoleh
3.Bgm meenganalisis data tersebut

Kajian komunitas dpt dibagi dlm 4 jenis pendekatan sbb:
1.Pemberi informasi kunci
2.Forum komunitas
3.Indikator sosial
4.Survei lapangan

F. Cara menginterprestasikan data

•Manfaat kajian pengguna :
-Dpt menunjukkan komposisi masy n klompok2 yg ada dan apa kegiatan mereka serta kegiatan mana yg dpt/perlu ditunjang dg BP yg sesuai
-Menunjukkan wilayah atau kelompok warga kota yg belum terlayani
-Mengungkapkan bacaan apa yg diminati
-Menghasilkan data yg berguna utk perencanaan gedung baru
-Pemilihan staf yg tepat utk cabang2

•Pertanyaan paling penting setelah pelaksanaan kajian kebutuhan pengguna adalah “Apakah tujuan pelayanan perpustakaan yg sekarangini sudah sesuai dg tingkatan kebutuhan komunitas?”
•Hasil kajian shrusnya bisa menunjukkan layanan apa yg berkontribusi plg besar thd adanya ketidakpuasan dr komunitas pd perpustkn
•Jam buka layanan, masalah lokasi atau kurangnya titik layanan, sikap pustakawan, dan kekurangtahuan anggota komunitas ttg berbagai program perpustkn bisa mjd penyebab kurang berhasilnya misi perpustakaan.
•Pemecahan masalah thd berbagai kegagalan perlu direkomendasikan, dlm memberi rekomendasi hrslah mempertimbangkan kemampuan perpustakaan dr berbagai aspek, spt kualitas n kuantitas SDM yg dimiliki, dana yg tersedia, fafsilitas pendukung yg memadai, efekti n efisien.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar