Kamis, 10 November 2016

RESUME PENGEMBANGAN KOLEKSI PUST 2230 MODUL 3 KB. 2






Evaluasi Koleksi


•Adalah kegiatan menilai koleksi perpustakaan baik dr segi ketersediaan koleksi itu bagi penggunamaupun pemanfaatan koleksi itu oleh pengguna
•Tujuan Evaluasi Koleksi di Perguruan Tinggi :
1.Mengetahui mutu, lingkup n kedalaman koleksi
2.Menyesuaikan koleksi dg tujuan n program PT
3.Mengikuti perubahan, perkembangan sosbud, ilmu n teknologi
4.Meningkatkan nilai informasi
5.Mengetahui kekuatan n kelemahan koleksi
6.Menyesuaikan kebijakan penyiangan koleksi


Tujuan secar umum ev koleksi :
-Utk menentukan kualitas koleksi
-Utk mengetahui apakah tujuan perpustkn yg telah ditentukan telah tercapai

Beberapa cara utk menilai koleksi perpustakaan :
1.Membandingkan koleksi perpustakaan dg senarai standar yg diterbitkan mis : katalog n daftar standar, spt daftar2 terbitan ALA
2.Membandingkan koleksi perpustakaan dg koleksi perpustakaan sejenis mis : membandingkan data statistik pertambahan koleksi
3.Melakukan kajian berapa byk koleksi yg digunakan

4. Memeriksa koleksi dg bantuan pakar pada subjek yg bersangkutan mis : ahli geologi diminta membandingkan koleksi perpustakaan dg daftar buku geologi yg dianggap baku

5. Mengumpulkan pendapat pengguna mis : mengedarkan angket/kuesioner kpd pengunjung mengenai koleksi perpustakn, apa yg diinginkan/yg msh kurang
Alasan perpustakaan melakukan evaluasi

•Utk mengembangkan program pengadaan yg cerdas dan realistis berdasarkan pd data koleksi yg sudah ada
•Utk mjd bahan pertimbangan pengajuan anggaran utk pengadaan koleksi berikutnya
•Utk menambah pengetahuan staf bangkol thd keadaan koleksi Tujuan dilakukan ev koleksi dpt dibedakan berdasar 2 kategori :

Tujuan internal
-a. kebutuhan pengembangan koleksi
-b. kebutuhan anggaran

Tujuan eksternal
-a. kebutuhan institusi lokal
-B. kebutuhan luar organisasi Metode evaluasi

•George Bonn (dalam Evans,2000)

5 pendekatan umum thd evaluasi :
a.Pengumpulan data statistik semua koleksi yg dimiliki
b.Pengecekan pd daftar standar, spt katalog n bibliografi
c.Pengumpulan pendapat dr pengguna yg biasa datang ke perpustkn
d.Pemeriksaan koleksi langsung
e.Penerapan standar, pembuatan daftar kemampuan perpustkn dlmpenyampaian dokumen n pencataan manfaat relatif dr kelompok khusus Pembagian metode evaluasi dari ALA

a.Terpusat pada koleksi

1) daftar pencocokan, bibliografi n katalog

2) pendapat dari pakar

3) perbandingan data statistik

4) berbagai standar koleksi

b. Terpusat pada penggunaan

1) kajian sirkulasi
2) pendapat pengguna
3) analisis thd statistik pinjam antar perpustkn
4) kajian sitiran
5) kajian penggunaan di tempat (ruang baca)
6) ketersediaan koleksi di rak
7) kajian simulasi penggunaan
8) uji penyampaian dokumen Beberapa kelemahan dlm teknik pencocokan pada daftar utk ev koleksi

a)Pemilihan judul utk penggunaan yg khusus, tdk umum
b)Hampir semua daftar selektif n bisa saja mengabaikan byk judul2 publikasi yg bermutu
c)Byk judul yg tdk sesuai utk sebuah komunitas perpustkn yg khusus
d)Daftar2 itu mungkin saja sdh kadaluarsa
e)Sebuah perpustakaan mgkn saja mpy byk judul yg tdk tercantum dlm daftar pencocokan, namun publikasi itu sama baiknya dg yg ada di daftar
f)Daftar pencocokan tdk memasukkan materi yg khusus yg sgt penting bagi sebuah perpustkn ttt
g)Tdk ada salahnya memiliki publikasi yg kurang bermutu
•Metode ev koleksi yg tersedia tdk ada yg sempurna utk dpt digunakan scr tunggal, maka disarankan menggunakan kombiasi beberapa metode
•Semua aktivitas evaluasi harus sejalan dg fungsi n tujuan perpustakaa serta kebutuhan komunitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar