Rabu, 23 November 2016

CONTOH TUGAS 1 PENGEMBANGAN KOLEKSI










1. Coba Anda jelaskan, mengapa sebuah perpustakaan sebaiknya mempunyai
 kebijakan pengembangan koleksi yang tertulis ?

2. a.Coba Anda jelaskan tentang beberapa pandangan dalam membangun koleksi
 perpustakan?
 b.Menurut Anda pandangan yang mana yang sesuai untuk perpustakaan yang
 Anda kelola ?

3. Apakah setiap alat bantu seleksi dapat digunakan untuk melakukan seleksi
 pada sebuah perpustakaan ? jelaskan jawaban Anda!!

Jawaban

1.      Setiap tipe perpustakaan melayani kelompok pemakai dengan ciri-ciri tertentu, sehingga diperlukan perencanaan yang matang, jasa-jasa apa saja yang sesuai dengan kebutuhan pemakai perpustakaan tersebut. Perencanaan tersebut akan berhasil jika didasarkan atas pengetahuan yang cukup mendalam mengenai masyarakat yang harus dilayani. Istilah yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis kebutuhan pemakai (needs analysis). Analisis kebutuhan pemakai ini bermanfaat sekali tetapi memekan waktu dan biaya yang besar. Untuk itu perlu perencanaan yang matang dengan mendapatkan siapa yang melakukan analisis, informasi apa saja yang diperlukan, metode apa yang digunakan dalam pengumpulan data, dan untuk apa data digunakan.

2.      A. Pandangan-pandangan dalam membangun koleksi perpustakaan:
·         Pandangan tradisional: mengutamakan nilai intrinsik Bahan Pustaka, perpustakaan dipandang sebagai tempat melestarikan warisan budaya dan sarana mencerdaskan masyarakat (mengutamakan bahan pustaka bermutu).
·         Pandangan liberal: mengutamakan popularitas, mengutamakan bahan pustaka banyak disukai dan banyak dibaca(mengikuti selera masyarakat).
·         Pandangan pluralistik: mencari keseimbangan antara pandangan tradisional dan liberal.



b.        Menurut, saya pandangan yang sesuai adalah pandangan pluralistik karena di daerah saya masyarakatnya sangat beragam. Jadi selaku pustakawan harus bisa menyeimbangkan kebutuhan antar pengguna yang tidak sama kebutuhannya.
Tidak semua alat bantu seleksi dapat digunakan untuk melakukan seleksi pada sebuah perpustakaan karena beberapa perpustakaan hanya menyediakan koleksi yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Misalnya perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik tidak menyediakan koleksi buku tentang teknik atau ilmu alam. Sehingga alat bantu seleksinya pun disesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

3.      Alat bantu seleksi yang berperan paling penting dalam proses seleksi adalah tinjauan buku karena pustakawan tidak mungkin melihat sendiri semua judul baru untuk dievaluasi, jumlah buku lain yang terbit setiap tahun terlalu banyak untuk dibaca dan dievaluasi, perpustakaan jarang mempunyai spesialis subjek dalam semua bidang subjek yang diwakili dalam koleksinya dan melalui tinjauan buku dapat diperoleh penilaian dari pakar subjek


1 komentar:

  1. Best VR experiences with boxing - VCR - Videoodl
    VCR for free is an app that helps sports youtube mp3 bettors set up virtual matches in real time. With this VR application, you are able to view and

    BalasHapus