Kamis, 10 November 2016

RESUME MODUL 1 PENGANTAR ILMU PERPUSTAKAAN PUST 2227 KEGIATAN BELAJAR 1




Modul 1: ISTILAH PUSTAKA DAN PERLUASANNYA
Pustaka / buku
-       (dalam arti luas) yaitu informasi terekam dengan tidak memandang media maupun formatnya. Maksud dari media ialah yang dicetak, dalam bentuk multimedia seperti film, microfilm dan kaset.
-      (dalam arti sempit) ialah bahan tercetak, menjadi satu dengan jumlah halaman sedikit-dikitnya 49 tidak termasuk kulit.
  Perpustakaan, adalah: 

-     kumpulan  buku dan materi lainnya yang disimpan untuk bacaan, belajar, penelitian, informasi, dan konsultasi 

-  Sebuah tempat, gedung, ruangan atau bagian ruang yang digunakan untuk menyimpan dan menggunakan koleksi buku serta terbitan lainnya, biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu untuk digunakan pembaca 

-   Institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara professional dengan system yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi para pemustaka. (UU RI No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan)

  Kepustakawanan
-          Adalah ilmu dan profesi di bidang perpustakaan, dokumentasi dan informasi.
-          Menyangkut penerapan pengetahuan buku (pustaka) serta prinsip, teori dan teknik pengadaan, pengolahan, penyimpanan, temu balik, penyebaran serta pendayagunaan koleksi buku dan materi lain di perpustakaan serta perluasan jasa perpustakaan.

  Kepustakaan
-        Lazim disebut bibliography atau references.
-      Kepustakaan dalam hal ini mempunyai arti daftar buku (dalam arti luas) yang menyangkut suatu karya tulis, biasa dijumpai pada akhir sebuah karangan, artikel, ataupun bagian akhir sebuah buku dengan tujuan member petunjuk bagi bagi pembaca selanjutnya untuk menelusur subjek yang bersangkutan dengan menggunakan daftar buku atau dapat pula pembaca membaca buku yang terdaftar bila ingin mendalami subjek yang dibahas.


  Tujuan dibuatnya daftar kepustakaan:
è    Penghargaan pada ilmuwan yang telah merintis penelitian sebelumnya yang karyanya kini dijadikan landasan penulisan buku atau majalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar