Minggu, 22 Oktober 2017

RESUME MAKUL METODE PENELITIAN PERPUSTAKAAN MODUL 6 KEGIATAN BELAJAR 1



PENGUKURAN VARIABEL
Kegiatan Belajar 1
Variabel, Atribut, Nilai, dan skala Pengukuran
A.     KONSEP
Konsep dalam kaitannya dengan penelitian ilmiah adalah generalisasi dari sekelompok fenomena tertentu sehingga dapat dipakai untuk mengambarkan berbagai fenomena alam yang diteliti.
Beberapa contoh konsep dalam kehidupan sehari-hari: konsep kelas; konsep pustakawan; konsep badan; konsep perilaku menyimpang; konsep energi, dan lain-lain.
B.     KONSTRUK
Konstruk adalah konsep yang diadopsi untuk kepentingan atau tujuan ilmu pengetahuan tertentu, didefinisikan dan dispesifikasikan sehingga dapat diobservasi dan diukur. Sebagai contoh kelas dokumen perpustakaan adalah sebuah konsep, tetapi dalam konstuk inmu pengetahuan, kelas dokumen dimasukan dalam sebuah teori dan dihubungkan dengan berbagai cara ke dalam konstruk lain.
C.     VARIABEL
Variabel adalah konsep yang mempunyai variasi nilai, dijadikan objek peneliti, diobservasi, dimanipulasi dan dikontrol oleh peneliti. Variabel merupakan simbol dimana seorang peneliti memperolah hasil pengukuran atau nilai pengukuran.
Terdapat beberapa istilah dalam variabel yang kita kenal yaitu :
1.      Variabel dikotomi adalah variabel yang hanya mempunyai dua nilai pengukur.
Seperti : pria-wanita; baik-buruk dll.
2.      Variabel palitomi adalah variabel yang mempunyai lebih dari dua nilai pengukuran
Seperti : PNS-TNI-Polri-Swasta, kelas 100-200-300-400 dan seterusnya.
3.      Variabel dekrit adalah variabel yang hasil pengukurannya bersifat utuh atau tidak mempunyai pecahan, dinyatakan dalam satuan dan mempunyai hasil perhitungan.
Contoh jumlah anak : 1 anak, 2 anak dan seterusnya.
4.      Variabel kontinu adalah variabel yang hasil pengukurannya dapat bernilai pecahan.
Contoh tinggi badan : 165,5 cm; 173,4 cm dan seterusnya.
D.     ATRIBUT
Atribut adalah sifat yang diberikan kepada variabel sehingga mempunyai arti tertentu dan dapat dilakukan pengukuran/observasi sesuai kaidah-kaidah penelitian ilmiah.
E.      NILAI PENGUKURAN
Nilai pengukuran variabel merujuk pada nilai yang diberikan kepada atribut variabel penilaian nilai pengukuran menjelaskan hubungan antara nilai-nilai yang diberikan tersebut, dan penting untuk membantu membuat keputusan bagaimana mengintepretasikan data dan cara analisis statistik yang cocok digunakan.
F.      SKALA PENGUKURAN
Pengkukuran adalah suatu proses sistematik dalam menilai dan membedakan suatu objek yang diukur. Dalam penelitian ilmiah pengukuran adalah penentuan besaran, dimensi atau kapasitas, biasanya terhadap suatu standar atau satuan pengukuran.
Ada empat tipe pengukuran atau skala pengukuran yang digunakan dalam analisis statistika yaitu:
1.      Skala Nominal
Skala pengukuran nominal adalah skala yang digunakan untuk mengukur variasi nominal.
2.      Skala Ordinal
Skala pengukuran ordinal adalah skala yang digunakan untuk mengukur variabel ordinal.
3.      Skala interval
Skala pengukuran interval adalah skala yang digunakan untuk mengukur variabel interval.
4.      Skala Rasio

Skala pengukuran rasio adalah skala yang digunakan untuk mengukur variabel rasio, mempunyai sifat paling tinggi, dan semua karakteristik skala nominal, ordinal dan skala interval ditambah denga sifat adanya nilai nol yang bersifat mutlak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar